Karisma Event Nusantara

Karisma Event Nusantara merupakan salah satu strategi kolaborasi Kemenparekraf dengan daerah melalui penyelenggaraan event berkualitas yang bertujuan untuk mempromosikan destinasi pariwisata dan ekonomi kreatif, meningkatkan kunjungan wisatawan, pemberdayaan potensi lokal, serta memberikan dampak positif terhadap ekonomi, sosial budaya, dan lingkungan dengan prinsip pembangunan berkelanjutan.

Image Description

Perkembangan COE/KEN 2021-2024

Image Description

KEN 2021

Berjumlah: 10

  • 10 Event terbaik berbasis Adaptif dan Inovasi
  • 10 Event Skala Internasional
  • 10 Event Skala Nasional
  • 10 Event Skala Regional
  • 43 Event Reguler
Image Description

KEN 2022

Berjumlah: 110

  • 10 TOP KEN
  • 100 KEN
Image Description

KEN 2023

Berjumlah: 110

  • 10 TOP KEN
  • 100 KEN
Image Description

KEN 2024

Berjumlah: 110

  • 10 TOP KEN
  • 100 KEN
  • 106 Event KEN selama 2023, produksi barang dan jasa di Indonesia naik Rp. 212,2 miliar

  • PDB Indonesia bertambah Rp. 198,6 miliar

  • 7,36 Juta kunjungan, perputaran uang Rp. 12,38 triliun

KEN di tahun 2023, membuka lapangan kerja

Tahapan Kurasi KEN 2025

Alur pendaftaran KEN 2025 bagi Dinas Pariwisata Provinsi

1.

Mengikuti sosialisasi Kurasi KEN

2.

Menerima surat pengumuman mengenai pembukaan pendaftaran KEN

3.

Meneruskan surat pengumuman kepada Pemerintah Kabupaten/Kota dan komunitas event di daerah

4.

Menerima usulan event dari Pemerintah Kabupaten/Kota dan komunitas event di daerah

5.

Mendaftarkan event-event yang berkualitas kepada Kemenparekraf

  • Pendaftaran terbuka untuk semua kabupaten/kota/ penyelenggara event, tanpa ada jumlah maksimal usulan event.
  • Usulan pendaftaran event kepada Kemenparekraf disampaikan oleh Dinas Pariwisata Provinsi.

Persyaratan Umum KARISMA EVENT NUSANTARA 2025

  • Memberikan dampak positif terhadap ekonomi, sosial budaya, dan lingkungan berkelanjutan.
  • Tidak mengandung konten SARA, pornografi, dan ujaran kebencian;
  • Bukan merupakan event partai politik ataupun kampanye Kepala Daerah/Legislatif;
  • Bukan merupakan event dalam kategori MICE dan olahraga modern;
  • Bukan merupakan kegiatan pendukung (side event) dari event utama;
  • Mengangkat potensi lokal, serta berpeluang untuk menjadi ciri khas daerah dan mendatangkan wisatawan;
  • Pelaksanaannya memiliki aspek kolaborasi yang melibatkan kabupaten/kota sekitar;
  • Sudah berlangsung minimal 3 (tiga) kali;
  • Terbuka untuk umum (bukan private event);
  • Dilaksanakan tahunan;
  • Memiliki skema kebersihan, keselamatan, kesehatan, dan keamanan;
  • Jika melibatkan anak dalam pelaksanaannya, penyelenggara harus memiliki skema perlindungan anak yang jelas; dan
  • Tidak memiliki sponsor utama yang berasal dari perusahaan minuman keras, alat kontrasepsi, dan/atau rokok.

Karisma Event Nusantara 2025

Timeline KURASI KEN 2025

Bidang Penilaian KEN 2025

Icon 20%

Bidang Ide dan
Inovasi

Icon 20%

Bidang Pemasaran dan
Strategi Komunikasi

Icon 25%

Bidang Manajemen
Kegiatan

Icon 20%

Bidang Manajemen
Keuangan

Icon 15%

Bidang Analisis
Dampak